4 Jenis Penyakit Mematikan yang Disebabkan oleh Fast Food

4 Jenis Penyakit Mematikan yang Disebabkan oleh Fast Food
ilustrasi

OmahnewsMakanan cepat saji atau yang biasa disebut dengan fast food atau junk food sudah sangat familiar di lidah orang Indonesia.

Apalagi dengan semakin banyaknya cabang-cabang restoran cepat saji yang buka setiap tahunnya, tentunya akan ada peningkatan pada tingkat konsumsi makanan cepat saji.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan mengkonsumsi makanan cepat saji, tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.
Apalagi, konsumsi makanan cepat saji sudah banyak dikaitkan sebagai sebab dari berbagai penyakit mematikan.

Berikut ini adalah berbagai penyakit mematikan yang dapat disebabkan oleh konsumsi makanan cepat saji:

Penyakit Jantung
Makanan yang mengandung lemak tersaturasi tinggi dan juga makanan yang diproses, dalam hal ini makanan cepat saji, banyak dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Para ahli kesehatan merekomendasikan agar kita tidak mengkonsumsi lebih dari 13 gram lemak tersaturasi setiap harinya. Satu porsi Big Mac miliki McDonald mengandung 14 gram lemak tersaturasi.

Sindrom Metabolik
Soda, salah satu komponen yang wajib ada pada menu makanan cepat saji, memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Berbagai studi telah menemukan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda secara rutin, baik itu soda reguler ataupun soda diet, dapat meningkatkan risiko kita untuk menderita sindrom metabolik. Sindrom metabolik sendiri adalah sebuah kondisi yang sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, kadar triglycerides darah tinggi, dan rendahnya kadar HDL atau kolesterol baik. Yang paling parah dari sindrom metabolik adalah meningkatnya risiko penyakit jantung, diabetes, dan dementia.

Diabetes
Obesitas, mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi kadar gula, dan mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang telah diproses akan meningkatkan risiko yang kita miliki terhadap diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 sendiri adalah kondisi penyakit dimana kita tidak bisa memproses kadar gula dalam darah yang disebabkan oleh tubuh yang menjadi resisten terhadap insulin, yaitu hormon yang bertugas menyaring gula dalam darah.

Kanker
Studi menemukan bahwa mengkonsumsi gula berlebih dan daging yang telah diproses, dalam hal ini semua komponen makanan yang ada dalam makanan cepat saji, dapat meningkatkan risiko kita untuk menderita kanker. (net)

Exit mobile version