Air Terjun Dewi Rengganis di Krucil, Siapkan Wisata Edukasi hingga Kolam Pancing

Air Terjun Dewi Rengganis di Krucil, Siapkan Wisata Edukasi hingga Kolam Pancing
Seorang pengunjung nyebur ke dalam Air Terjun Dewi Rengganis. (Jawa Pos Radar Bromo)

Setelah perjalanan selama 15 menit, pengunjung akan tiba di destinasi yang dituju. Air terjun dengan ketinggian sekitar 70 meter tersebut dikelilingi dinding batuan pegunungan. Udara sejuk dan cipratan air yang terbawa angin membuat kulit terasa dingin.

Selain menikmati indahnya air terjun, pengunjung bisa memanfaatkan dua gazebo yang disiapkan untuk melepas lelah. ”Aliran air terjun cukup berbahaya untuk dimanfaatkan mandi. Jadi, pengunjung yang ingin mandi sudah kami sediakan kolam khusus,” tuturnya.

Tantangan yang ditawarkan destinasi wisata itu ternyata menjadi keunggulan tersendiri. Setiap pekan ratusan orang datang menikmati indahnya eksotisme alam yang ditawarkan. Tak jarang pengunjung yang datang membawa keluarga besarnya untuk berlibur menghilangkan penat.

Siapkan Wisata Edukasi hingga Kolam Pancing
Pengelola Air Terjun Dewi Rengganis sadar bahwa destinasi ini memiliki potensi yang besar. Karena itu, sejumlah fasilitas penunjang disiapkan. Tanpa menghilangkan andalan utama objek tersebut yang menjadi primadona.

Saat ini yang sedang dikembangkan adalah wisata edukasi dengan memanfaatkan lahan yang belum difungsikan. ”Yang serius dikembangkan adalah sebuah kebun bibit. Selain untuk pembibitan tanaman baru di objek wisata, kebun bibit bisa dimanfaatkan pengunjung yang datang untuk belajar pembibitan tanaman.

Selain itu, pengelola tengah membangun sebuah kolam ikan budi daya. Yang di dalamnya diisi berbagai jenis ikan. Mulai nila, mujair, hingga ikan mas. Ikan-ikan hasil budi daya tersebut dapat ditangkap pengunjung untuk dikonsumsi.

”Kolam ikan bisa dimanfaatkan untuk memancing. Nanti hasilnya bisa dimasak sesuai dengan menu yang jadi keinginan pengunjung. Pastinya pengunjung tidak akan jenuh saat berwisata ke Air Terjun Jaran Goyang. Bukan hanya taman, fasilitas lainnya juga tersedia,” ungkapnya. (JP)