Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku 15 Mei 2021

Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku 15 Mei 2021
Whatsapp

Omahnews – Kebijakan privasi baru WhatsApp akan mulai berlaku pada 15 Mei 2021. Pengguna akan diminta untuk menyetujui kebijakan ini.

Inti dari aturan kebijakan privasi baru WhatsApp adalah pengguna mengizinkan WhatsApp membagikan data pengguna kepada induknya Facebook. Praktik pembagian data dengan Facebook telah lama dijalankan oleh WhatsApp.

Data yang dibagikan ke Facebook seperti level baterai, kekuatan sinyal perangkat, versi aplikasi, informasi browser, jaringan seluler, informasi koneksi (termasuk nomor telepon, operator seluler atau ISP), bahasa dan zona waktu, alamat IP, informasi sistem operasi perangkat, dan identifikasi unik terkait dengan perangkat atau akun yang sama.

WhatsApp sendiri mengatakan, kebijakan privasi tidak mengubah cara berkomunikasi antar pengguna. End-to-end encryption juga tetap digunakan dalam seluruh pesan, yang artinya WhatsApp tidak bisa mengintip pesan pengguna, dikutip dari situs WhatsApp, Senin (3/5/2021).

Melansir BGR, pihak WhatsApp memastikan perusahaan tidak bisa melihat lokasi yang dibagikan pengguna. Bahkan juga tidak akan memberikan kontak penggunanya pada Facebook.

Jika pengguna menolak aturan baru, WhatsApp akan memberikan waktu selama 120 hari untuk berpikir kembali keputusan tersebut. Setelahnya, akun WhatsApp akan terhapus secara otomatis.

Jika memilih menghapus akun WhatsApp dan menginstal kembali, pengguna juga perlu menyetujui aturan privasi baru itu. Jika user menggunakan nomor ponsel baru, pengguna juga perlu menyetujui aturan privasi baru itu sebelum bisa menggunakan WhatsApp.

Dalam 120 hari tersebut akun WhatsApp akan dikategorikan tidak aktif. Selama itu, sejumlah fungsi WhatsApp tidak akan bisa digunakan yakni membaca dan menulis pesan. Fungsi yang masih dapat digunakan adalah menerima panggilan serta notifikasi. (CNBC)

Exit mobile version