Kamis, 27 Januari 2022

Kamis, 18 Nov 2021, 48 View

OMAHNEWS - Salah satu kuliner Indonesia yang tidak boleh dilewatkan saat menikmati suasana Indonesia yang tropis adalah minuman segar khas daerah. Es lokal terkadang tidak hanya menggoda saat musim kemarau saja, musim penghujan pun masyarakat masih banyak yang gemar dengan es tradisional.

Dengan keragaman budaya yang ada di Indonesia, menghasilkan berbagai keragaman kuliner. Termasuk varian rasa es yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya digemari masyarakat lokal, pelancong internasional pun turut mengakui rasa enak es tradisional.

Berikut ini, ragam es lokal khas dari Indonesia.

Es Campur

Es campur mungkin menjadi es yang paling familiar karena bisa ditemui hampir di seluruh Indonesia. Namun, pada tiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam hal isian dari es campur. Disebut es campur karena memadukan beberapa bahan dengan es batu ditambah rasa manis.

Es Pisang Ijo

Es khas Sulawesi Selatan yang sering menjadi santapan takjil di bulan Ramadhan. Pisang yang dibalut adonan berwarna hijau dihidangkan dengan es, sirup, dan bubur sumsum. Rasa gurih, manis dan dingin berpadu dengan buah pisang dalam sajian es pisang ijo.

 

Es Manado

Es Manado seperti namanya berasal dari daerah Manado, Sulawesi Utara. Es ini punya rasa yang manis dan masam. Es Manado Terdiri dari kuah jus sirsak, selasih, agar-agar, dan juga kelapa muda.

Es Kacang Hijau

Es yang terdiri dari es serut, kacang hijau, gula merah, dan santan. Es ini cukup sehat dikonsumsi karena mengandung beberapa vitamin dan protein. Es kacang hijau sendiri dipercaya berasal dari daerah Kalimantan Barat.

Es Dung-Dung

Memiliki rasa gurih dan manis yang berasal dari santan. Es dung-dung biasa disajikan dengan roti tawar, sagu mutiara, juga ketan hitam. Es dung-dung berasal dari Klaten, Jawa Tengah.

Es Cendol

Es cendol adalah penganan yang dibuat dari tepung beras dan sebagainya yang dibentuk dengan penyaring, kemudian dicampur dengan air gula dan santan. Cendol merupakan minuman penutup es manis yang mengandung tetesan tepung beras hijau, santan, dan sirup gula aren. Es Cendol bermula dari daerah Jawa Barat, makanan ini juga mudah ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Khas Indonesia, beberapa es tradisional itu cukup menggugah selera terutam a dengan paduan iklim tropis Indonesia. (On/Bjt)



Gaya Chatting dan Pengaruhnya Terhadap Hubungan Asmara
Minggu, 28 Nov 2021, Dibaca : 191 Kali
Inilah Makanan untuk Meredakan Sakit Perut
Jumat, 26 Nov 2021, Dibaca : 23 Kali
Asal Usul Zebra Cross
Kamis, 25 Nov 2021, Dibaca : 32 Kali