Kamis, 27 Januari 2022

Rabu, 24 Nov 2021, 89 View

OMAHNEWS - Mungkin Anda pernah melihat orang lagi tersedak lalu jadi panik, atau mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri.
Saat tersedak Anda harus segera ambil langkah cepat, sebab jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan dan fatal.

Tersedak itu bisa terjadi tidak hanya saat sedang makan atau minum saja. Bahkan lagi bercanda sekalipun, tersedak bisa saja terjadi. Oleh karena itu harus diingat jika bercanda jangan sampai kelewatan. Karena akibatnya jika tersedak parah bisa sampai mengancam nyawa.

Tersedak juga bisa menyebabkan saluran napas jad terhalang. Memang tidak semua tersedak bisa fatal, tapi jika saluran napas terhalang total selama 4-10 menit tanpa bisa ditangani akan jadi kematian otak. Karena otak kurang oksigen akibat dari makanan atau benda yang menyumbat itu.

Adapun beberapa tanda dari tersedak sebenarnya bisa dipahami saat sedang atau akan terjadi. Misalnya Anda yang melihat orang makan tiba-tiba mengalami batuk, sesak napas, memegang lehernya untuk memberi tahu jika tengah tersedak, tidak bisa bicara, merupakan sebagian gejala kecil dari tersedak.

Saat tersedak juga ditandai dengan munculnya warna kebiruan di bibir, kulit, atau kuku karena kekurangan oksigen. Jika mengalami atau melihat tanda itu pada orang, segera beri pertolongan pertama agar bisa lekas sembuh dari kondisi tersebut.

Beberapa hal yang bisa dilakukan

Melihat orang tersedak misalnya pertama, lakukan manuver heimlich. Caranya peluk yang tersedak dari belakang dengan tangan mengepal di atas perutnya lalu tekan ke dalam dan ke atas.

Cara kedua yang bisa dilakukan dengan meminta orang yang tersedak untuk batuk. Karena batuk bisa membuat sumbatan di tenggorokannya keluar. Ketiga, tepuk bagian belakang punggung. Lakukan sebanyak lima kali dengan tumit tangan. Ulang sampai benda yang menyumbat bisa keluar dari tenggorokan.

Lalu cara keempat, bisa beralih ke tempat aman jika yang bersangkutan sampai tidak sadarkan diri Baringkan di tempat yang datar. Caranya taruh telapak tangan di tengah bagian dada dengan posisi siku lurus dan tekan sebanyak 100 kali per menit. (*)



Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah
Senin, 29 Nov 2021, Dibaca : 156 Kali
Gaya Chatting dan Pengaruhnya Terhadap Hubungan Asmara
Minggu, 28 Nov 2021, Dibaca : 191 Kali
Simak Manfaat Ikan Teri untuk Ibu Hamil
Sabtu, 27 Nov 2021, Dibaca : 192 Kali