Kamis, 27 Januari 2022

Jumat, 19 Nov 2021, 109 View

OMAHNEWS - Memiliki panorama pemandangan yang indah, Kota Malang menjadi objek destinasi berlibur ketika libur panjang atau akhir pekan.
Selain pantainya yang sudah diakui keindahannya, ternyata Malang memiliki air terjun (coban) yang tidak kalah indah dan eksotis serta menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut ini objek wisata air terjun (coban) yang menampilkan keindahan yang menawan, yang redaksi rangkum dari unggahan akun Instagram @lingkarmalang.

1.Coban Jodo
Air terjun Coban Jodo, berlokasi di Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.
Lokasi ini masih baru dan masih belum banyak yang tahu keberadaannya. Sehingga dipastikan air terjun ini masih sangat bersih dan lingkungan sekitarnya tampak sangat asri.
Coban jodo ini terbilang cukup unik, aliran airnya lumayan tinggi. Untuk menuju ke air terjun ini, aksesnya tidak mudah. Beberapa orang kerap menyebut tempat ini sebagai Coban Cinde.

2.Coban Jahe
Wisata air terjun ini terletak di Dusun Begawan, Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Jaraknya 20 kilometer dari Bandara Abdul Rachman Saleh Malang.
Untuk akses menuju air terjun coban jahe, medan yang dilalui cukup berat, karena melewati jalan berbatu sejauh hampir 500 meter, badan jalan hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat saja.
Nama air terjun coban Jahe diambil dari kata Pejahe (matinya) para pejuang, sebab lokasi ini melewati Taman Makam Pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran melawan penjajah.
Namun demikian, air terjun cobn Jahe menyuguhkan hawa yang segar dan sejuk dengan gemercik air yang terasa dingin bila menyentuh kulit.
Untuk pemandangannya masih asri dan terjaga, masih banyak pepohonan yang menjulang tinggi diantara air terjun ini.
Untuk biaya masuk Coban Jahe ini dibanderol sebesar Rp10.000.

3.Air Terjun Banyu Anjlok
Air terjun ini berada bersamaan dengan objek wisata pantai Banyu Anjlok yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.
Air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri apabila para pengunjung mendatangi pantai Banyu Anjlok, karena air terjun ini langsung mengarah ke bibir pantai sehingga menambah keindahan dan suasana.
Untuk menikmati air terjun ini, dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp5.000.

4.Coban Talun
Air terjun yang terletak di Kota Batu ini, hanya 10 menit perjalanan menuju lokasi, air terjun ini berada di antara bebatuan yang dikelilingi oleh hutan dan pegunungan menambah ke eksotisnya pantai ini.
Udara begitu sejuk, selain udaranya yang sejuk terdengar suara gemuruh deburan air terjun yang sangat berirama.
Jika lagi beruntung, Anda dapat menyaksikan pelangi di sudut coban, dalam kondisi cuaca sedang cerah peluang muncul pelangi akan lebih besar.
Tidak hanya menawarkan pemandangan air terjun yang indah, tapi lokasi ini menawarkan tempat-tempat yang bisa dijadikan spot foto yang menarik.
Salah satu fasilitas yang disediakan adalah apache camp, pagupon, kawasan bunga, dan bunga matahari raksasa.
Untuk masuk coban talun dikenakan biaya tiket dan parkir sebesar Rp15.000 ini belum termasuk fasilitas didalamnya.

5.Coban Pelangi
Coban pelangi ini berlokasi di Desa Gubuk Klakah, Kabupaten Malang.
Disebut Coban Pelangi, karena air terjun ini sering terjadi fenomena munculnya pelangi yang muncul dan terkena efek pembiasan dari sinar matahari terhadap air.
Air terjun ini memiliki suhu yang berkisar sekitar 19- 23 derajat yang bisa membuat udara yang ada di Coban Pelangi ini sangat sejuk.
Untuk akses menuju Coban Pelangi cukup mudah. Air terjun ini melewati Tumpang, berada sebelum pintu masuk pertigaan Jemplang (pertigaan menuju Gunung Semeru dan Gunung Bromo).
Untuk menikmati sejuknya Coban Pelangi ini dikenakan biaya masuk Rp10.000.

6.Coban Srengenge
Air terjun Srengenge ini sangat unik, karena menawarkan 3 air terjun dalam satu tempat. Air terjun ini berlokasi di Ampelgading, Kabupaten Malang.
Selain menikmati kesejukan air yang mengalir yang jernih dan segar kalian juga disuguhkan dengan pemandangan alam yang berada di air terjun ini.
Coban ini dikelilingi pepohonan hijau menambah ketenangan bila berada di lokasi ini.
Untuk biaya masuk menikmati pemandangan ini dikenakan biaya tiket masuk dan parkir sebesar Rp10.000.

7.Air terjun Sumber Pitu
Sumber pitu, sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki 7 aliran, namun bersumber dari 1 mata air.
Air terjun ini menyuguhkan panorama yang indah. Mata air menyembur dengan deras dengan jarak yang begitu berdekatan dari tebing dengan debit yang cukup besar yakni 1600 liter setiap detiknya.
Pemandangan hijau, serta tumbuhan lembab lainnya menjadi saksi betapa asrinya air terjun ini. Coban Sumber Pitu Tumpang memberikan nuansa kesegaran alami.
Akses menuju coban ini cukup berat, letaknya 26 km dari pusat Kota Malang.
Untuk menikmati indahnya coban ini dikenakan biaya Rp15.000.

8.Coban Nirwana
Coban Nirmana ini berlokasi di Desa Gedengan, Kecamatan Gedengan, Kabupaten Malang. Lokasi ini masih jarang dikunjungi orang.
Ciri khas pada coban ini ketika melihat pemandangan ornamen batu dengan relief yang artistik membuat lokasi air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnya.
Untuk menikmati ornamen serta kesejukan yang asri pengunjung dikenakan biaya Rp10.000.

9.Coban Ciblungan
Coban Ciblungan terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.
Air terjun ini berada cukup jauh dari pusat Kota Malang. Tidak heran jika coban ini masih belum dikenal.
Lokasinya yang jarang dikunjungi orang menjadi salah satu pilihan wisata para traveler yang ingin menikmati kesegaran alam khas Malang.

10.Coban Rondo
Coban Rondo merupkan salah satu air terjun di Malang yang paling terkenal dari air terjun yang lainnya. Memiliki fasilitas yang lengkap serta terawat menjadi satu keunggulan dari coban ini.
Air terjun ini sudah lengkap fasilitas pariwisatanya, diantaranya fasilitas bumi perkemahan, taman, little zoo yang yang paling baru berupa wisata labirin.
Harga tiket masuk ke Coban Rondo ini Rp15.000 untuk menikmati pemandangan air terjun yang indah.

11.Coban Putri
Coban Putri ini menjadi salah satu pesona Kota Malang dan menjadi destinasi wisata alam yang favorit.
Konon katanya, air terjun ini pernah menjadi tempat pemandian Putri Ken Dedes dari Kerajaan Singasari di Jawa Timur. Itulah mengapa air terjun ini dinamakan Coban Putri.
Coban ini menyuguhkan pemandangan yang indah, apabila berkunjung ke sini, Anda akan langsung disambut dengan gemuruh air pada pegunungan yang deras, jernih dan serta segar. (*)



Pekerja Tambang Pasir Tewas Tertimpa Longsor
Senin, 29 Nov 2021, Dibaca : 133 Kali
Sedan Civic Vs Truk Gabah, 1 Orang Tewas
Senin, 29 Nov 2021, Dibaca : 155 Kali
Sopir Truk Trailer yang Merenggut Nyawa 4 Santri, Diringkus Polisi di Sidoarjo
Minggu, 28 Nov 2021, Dibaca : 237 Kali