Cara Tingkatkan Daya Tahan untuk Lawan Varian Baru COVID-19

Cara Tingkatkan Daya Tahan untuk Lawan Varian Baru COVID-19
ilustrasi

Omahnews – Pandemi COVID-19 masih berlangsung. Bukan menunjukkan penurunan, baru-baru ini angka infeksi virus corona di Indonesia malah melambung tinggi. Varian baru coronavirus juga mulai terdeteksi.

Hampir seluruh daerah di Indonesia masuk dalam zona merah. Tidak sedikit pula fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang kewalahan layaknya tahun lalu.

Infeksi virus corona bukanlah infeksi virus biasa. Penyakit ini bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi, salah satunya kematian. Untuk itu, penting memiliki daya tahan tubuh yang kuat di masa pandemi ini.

Berdasarkan informasi WHO, ada beberapa jenis varian covid yang perlu mendapat perhatian. Beberapa contohnya yaitu varian B.1.1.7 (Alpha) dari Inggris, B.1.351 (Beta) dari Afrika Selatan, B.1.617.2 (Delta) dari India, dan varian P.1 (Gamma) dari Brazil.

Jenis-jenis varian covid baru tersebut digolongkan oleh WHO ke dalam kategori variants of concern (VOC).
Artinya, varian ini dianggap lebih berbahaya karena mudah menular, bisa menunjukkan gejala lebih berat, hingga mampu memengaruhi efektivitas terapi atau bahkan vaksinasi.

Di Indonesia sendiri, sudah ditemukan 3 dari 4 varian baru covid, yaitu Alpha, Beta, dan Delta. Bahkan, diduga saat ini hampir seluruh kasus baru covid didominasi oleh varian baru, salah satunya Delta.

Secara umum, gejala covid adalah demam, sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, hilangnya indra penciuman (anosmia), hingga sesak napas. Namun, varian Delta jarang menunjukkan keluhan covid secara umum.

Varian Delta justru menunjukkan gejala tidak spesifik, seperti gangguan pencernaan (diare, mual, muntah), kelelahan, mata merah (konjungtivitis), hingga nyeri pada seluruh tubuh.

Bahaya varian baru corona virus tetap sama dengan varian sebelumnya. Infeksi COVID-19 bisa menyebabkan gagal napas dan syok septik yang bisa berujung kematian.

Semakin bertambahnya jumlah orang yang terinfeksi virus corona, munculnya kekhawatiran tak bisa dihindari. Jalan terbaik untuk mencegah Anda dan keluarga terpapar coronavirus adalah menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Gunakanlah masker yang sesuai. Saat ini, disarankan pula memakai masker double yaitu masker medis dan kain ketika di luar rumah.
Lalu, cuci tangan secara berkala, menjaga jarak dengan orang lain minimal 1-2 meter, dan menghindari kerumunan.

Selain menerapkan protokol kesehatan, Anda pun diharuskan memiliki daya tahan tubuh yang baik untuk mencegah virus corona menginfeksi tubuh.
Mulailah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi setiap harinya secara teratur. Kemudian, rajin berolahraga, istirahat cukup, dan menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok maupun mengonsumsi alkohol.

Setiap orang memiliki kewajiban untuk berkontribusi dalam memutus rantai penularan COVID-19. Lakukan protokol kesehatan dan pastikan Anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Jangan tunda vaksinasi bila kondisi tubuh sudah sesuai. (KD)