Diduga Kena Santet, Sapi dan Kambing Mati Misterius

Diduga Kena Santet, Sapi dan Kambing Mati Misterius
Sapi mati misterius

Omahnews – Hewan sapi dan kambing milik warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, mati misterius. Di dalam lambung hewan ditemukan potongan besi, kerikil hingga rafia. Diduga hewan tersebut terkena santet.

Ada 8 ekor sapi dan 1 ekor kambing milik warga yang matinya misterius itu. Kematiannya terjadi di bulan Mei 2021 ini. Sapi dan kambing itu milik tiga orang warga berbeda.
“Iya memang benar ada sapi dan kambing matinya tak wajar, awalnya ndak mau makan terus akhirnya mati, sudah terjadi sejak awal bulan Mei ini,” kata Kades Sidomulyo, Mulyono.

Mulyono menceritakan, matinya hewan secara tidak wajar itu membuat warga curiga dan kemudian membelah lambung hewan sapi yang sudah mati. Hasilnya, warga mendapati ada tumpukan rafia dalam jumlah banyak di lambung sapi.
Tidak hanya sapi, lanjut Mulyono, warga juga membelah lambung kambing yang sudah mati. Warga kaget ternyata di dalam lambung kambing itu ada potongan besi dan kerikil dalam jumlah banyak.
“Ada yang menemukan tali rafia, besi, pasir, kerikil di dalam lambung hewan,” tegasnya.

Mulyono mengaku, kejadian yang sama pernah terjadi di tahun 2013 yang lalu. Saat itu warga yang sudah terlanjur geram, bahkan sempat menuduh salah satu warga yang memiliki ilmu santet di wilayah tersebut.

Namun aksi main hakim sendiri bisa dihindarkan, setelah pihaknya melakukan mediasi dan meminta orang yang melakukan aksi tersebut agar bertanggung jawab.
“Caranya ya ilmunya itu dirontokkan, ngakunya itu kalau ilmunya ndak dipakai, bisa mengancam nyawanya, tapi kita tidak peduli itu dan memaksa ilmunya dihilangkan,” pungkas Mulyono.

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung, Mulyanto belum bisa memberikan banyak keterangan, dia mengaku masih menunggu hasil kerja timnya yang diterjunka ke lokasi matinya sapi dan kambing di Desa Sidomulyo.
“Kita tunggu dulu hasil analisa tim,” ujarnya. (Jatim)