Diguncang Gempa Malang, 9 Warga Blitar Luka luka

Diguncang Gempa Malang, 9 Warga Blitar Luka luka
Rumah rusak akibat gempa

Kholik juga menegaskan, dalam penanganan bencana ini pihaknya lebih dulu mengutamakan penanganan manusia. Yakni yang sakit dan perlu penanganan medis, langsung dilarikan ke puskesmas atau rumah sakit.
Sedangkan yang terluka lebih ringan cukup diobati di tempat. Setelah memastikan semua warga aman, langkah lanjutan tim BPBD, kata Kholik adalah memastikan data kerugian material.
“Fokus kita keselamatan manusianya dulu,” tegas Kholik.

Paviliun Pasien RSUD Mardi Waluyo Blitar Luluh Lantak

Sementara itu, Guncangan gempa bumi besar di Malang juga mengakibatkan bagian atas bangunan paviliun pasien RSUD Mardi Waluyo, Kota Blitar luluh lantak dan ambrol, Sabtu (10/4/2021).

Kondisi paviliun pasien RSUD Mardi Waluyo, Kota Blitar yang luluh lantak usai diguncang gempa (sindo)

Direktur RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Ramiaji mengatakan, runtuhnya bagian atas bangunan akibat gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,7 tidak sampai melukai pasien yang sedang menjalani perawatan.
“Alhamdulillah tidak sampai ada korban,” ujar Ramiaji, Sabtu (10/4/2021).

Lokasi paviliun pasien RSUD Mardi Waluyo berada di lantai dua. Guncangan bempa M6,7 yang berpusat di Malang tersebut membuat atap ruangan paviliun runtuh. Plafon langit langit ruangan luluh lantak.
“Kemungkinan karena tidak mampu menahan genting yang jatuh, plafon akhirnya ambrol,” kata Ramiaji.

Saat material berjatuhan, di ruangan tersebut terdapat pasien yang sedang menjalani perawatan. Beruntung. Jatuhnya material, kata Ramiaji tepat di sisi kanan dan kiri pasien.
“Jadi tidak sampai mengenai pasien,” tambah Ramiaji. Getaran keras yang berlangsung tiba tiba tersebut mengagetkan semua. Situasi sontak gaduh dan berusaha saling menyelamatkan diri. (Sindo)