Gara-gara Ngechas HP Terlalu Lama, Rumah Terbakar

Gara-gara Ngechas HP Terlalu Lama, Rumah Terbakar
Kebakaran yang terjadi di rumah Mujiono, warga Pocokusumo akibat ledakan charger Hp yang panas

Omahnews – Ini menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk tidak meninggalkan handphone yang sedang di-charge. Karena kejadian yang menimpa Mujiono (50) warga Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang ini bisa dialami oleh siapapun.

Gara-gara menge-charge handphone terlalu lama dan panas, rumah milik Mujiono terbakar Senin (26/4) sekitar pukuk 22.45 WIB. Akibat kejadian ini, salah satu putri Mujiono, Avesina Khamdani (16) mengalami luka bakar di tangan kirinya.
“Korban terluka terkena jilatan api saat hendak mengevakuasi diri keluar dari rumahnya,” kata Goly Karyanto, Kabid PPK Satpol PP Kabupaten Malang, Selasa (27/4).

Dijelaskan, kebakaran itu awalnya terjadi akibat charger handphone meledak. Sehingga percikan apinya menyambar barang yang mudah terbakar. Kemudian perabotan dalam ruangan kediaman korban pun ikut membara. Akhirnya, rumah korban ikut luluh lantak.
“Rumah korban kebetulan rumah semi permanen yang terbuat dari kayu membuatnya mudah terbakar,” ujarnya.

Saat kejadian itu, semua anggota keluarga korban sedang tidur. Kebakaran baru terdeteksi setelah istri Mujiono merasakan hawa panas. Ketika mengecek kediaman, istri Mujiono melihat ruangan rumah sudah terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

“Untuk mengevakuasi kebakaran itu, kami (Damkar Kabupaten Malang) menerjunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran. Kami baru bisa menjinakkan api sekitar pukul 00.30 Selasa dini hari. Sementara kerugian material atas peristiwa itu ditaksir mencapai Rp. 50 juta,” pungkas Goly. (jatim)