Inilah Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Usai Vaksinasi COVID-19

Inilah Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Usai Vaksinasi COVID-19
buah dan sayuran 1

Omahnews – Tak melulu soal efek samping yang belum terbukti benar, kali ini Anda perlu mengetahui daftar makanan sehat setelah disuntik vaksin COVID-19.

Sebab, ada sejumlah makanan yang memang terbukti membantu membangun antibodi dan imunitas tubuh.
Hal itu pun dibenarkan dr. Sara Elise Wijono, MRes. “Meski efeknya tidak langsung mengarah ke vaksin (membantu meningkatkan ataupun mengurangi efektivitas), kita memang mengusahakan agar tubuh tetap sehat. Ketika tubuh sehat dan imunitas baik karena asupan nutrisi, kinerja vaksin pun semakin efektif,” jelasnya.

Nah, menjaga tubuh sehat menurut dr. Sara dapat dilakukan dengan mengonsumsi asupan bergizi seimbang.
“Gizi seimbang itu bisa dari pola makan sehari-hari, misalnya karbohidrat, protein, lemak baik, serta vitamin dan mineral. Kebutuhan cairan atau hidrasi juga perlu dipenuhi,” sarannya.

Adapun daftar makanan setelah vaksin virus corona yang bisa dikonsumsi dan dapat mendukung gizi seimbang antara lain:

Aneka Buah dan Sayur
Buah dan sayuran kaya nutrisi dapat memperkuat sistem imunitas dan memungkinkan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik.
Asupan yang satu ini kaya vitamin C dan mampu membantu produktivitas sel darah putih. Aneka sitrus bahkan paprika bisa Anda makan setelah divaksinasi.
Lalu, sayuran hijau mengandung banyak antioksidan. Kandungan ini akan melindungi diri dari radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.
Jika tak ditangkal, maka radikal bebas akan merusak DNA dan protein di dalam sel lalu berujung pada stres oksidatif. Kalau sudah begitu, risiko terserang penyakit akan tinggi.

Kacang-Kacangan
Kacang juga merupakan sumber vitamin dan mineral untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.
Bonusnya lagi, makanan ini akan memelihara kesehatan jantung dengan lebih baik.
Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition (2016) melaporkan, orang yang mengonsumsi kacang secukupnya secara rutin cenderung jarang mengalami inflamasi (peradangan).
Kacang sehat yang direkomendasikan yaitu almon, kenari, pecan, mete, dan pistachio.

Ikan Berlemak Sehat
Ikan berlemak seperti salmon dan tuna kaya omega-3, yakni lemak yang menyehatkan jantung dan mengurangi peradangan tubuh. Nutrisi tersebut akan menurunkan tekanan darah dan penyumbatan arteri.
Bonusnya lagi, omega-3 juga membantu mengelola penyakit autoimun, misalnya lupus dan rheumatoid arthritis.