Inilah Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Inilah Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental
Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh (Foto: Shutterstock)

Omahnews – Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim di berbagai belahan dunia. Pada bulan suci ini, umat muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, tidak makan dan minum mulai dari waktu ibadah subuh hingga magrib.

Jika dilakukan dengan benar ada beragam manfaat puasa yang bisa dipetik, termasuk bagi kesehatan fisik sekaligus mental seseorang.
Puasa telah terbukti bisa membantu menurunkan berat badan hingga memelihara kesehatan mental.
Selain itu, apa saja sih manfaat puasa Ramadan?
Ayo kita simak ulasannya di bawah ini.

Mengontrol Kadar Gula Darah
Manfaat puasa bagi kesehatan yang pertama adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Beberapa studi menyebutkan, berpuasa dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil, sehingga bermanfaat untuk pasien diabetes.

Dalam studi di The Journal of Nutrition, peneliti menyimpulkan, berpuasa secara berselang-seling akan mendorong seseorang memiliki kadar insulin yang lebih terkontrol, dibandingkan mencit yang menjalani diet rendah kalori.
Studi lain yang dipublikasikan di World Journal of Diabetes, penelitian yang dilakukan pada 10 subjek dengan diabetes mellitus tipe 2 menyebutkan bahwa menjalani ibadah puasa dapat turunkan kadar gula darah secara signifikan.
Selain itu, manfaat puasa Ramadan juga dapat menurunkan resistensi insulin, sehingga sensitivitas tubuh terhadap insulin meningkat. Transpor glukosa dari jaringan peredaran darah ke sel-sel tubuh juga semakin efisien.
Namun, sebelum berpuasa, penyandang diabetes yang mengonsumsi obat atau insulin tetap harus berkonsultasi dulu dengan dokter.
Hal ini bertujuan agar penurunan kadar gula darah tidak terjadi secara drastis yang justru dapat membahayakan pasien.

Menurunkan Berat Badan
Banyak orang yang sedang berdiet memilih “jalan pintas” dengan berpuasa untuk menurunkan berat badan secara singkat.
Secara teori, tidak makan dan minum memang dapat menurunkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga terjadi penurunan berat badan.

Exit mobile version