Jangan Tertipu, Kenali Ciri-Ciri Helm Palsu

Jangan Tertipu, Kenali Ciri-Ciri Helm Palsu
ilustrasi Helm

Omahnews – Helm merupakan peranti penting saat akan mengendarai sepeda motor. Pasalnya, helm berfungsi untuk mengurangi resiko cedera kepala apabila terjadi kecelakaan.

Namun saat ini, banyak beredar helm palsu dipasaran yang mengatasnamakan brand tertentu. Tentu helm palsu tersebut tidak dapat menjamin kemampuan dan kekuatan dibanding dengan produk asli.

General Manager Cargloss Helmet, Endin Nasrudin memberikan penjelasan, bagaimana mengenali helm palsu. Pasalnya, dikatakan Endin bila Cargloss juga jadi korban pemalsuan helm yang kini banyak beredar di masyarakat.
“Banyak memang beredar saat ini helm-helm palsu. Namun kalau diteliti, pasti bisa dikenali mana helm asli dan mana yang palsu,” papar Endin saat konfrensi pers secara virtual, Rabu, 7 Maret 2021.

Endin menjelaskan, salah satu cara untuk mengenali apakah helm yang akan dibeli asli atau palsu bila dilihat dari fisiknya yaitu pada bagian stiker yang ada dibagian belakang. Kalau mudah terlepas, kemungkinan helm tersebut palsu.

“Kalau Cargloss sudah dilindungi dengan decal dan clear coat. Jadi stikernya tidak mudah untuk dilepas seperti yang terjadi pada helm palsu yang penggunaan stiker brandnya ada di luar clear coat sehingga mudah terkelupas,” jelas Endin.

Selain itu, dari bahan material yang digunakan juga berbeda. Helm palsu disebut Endin cenderung menggunakan material yang murah. Seperti pada bagian busa dibagian dalam.
Kalau busa dibagian dalam terasa empuk dan tidak padat, kemungkinan helm tersebu palsu.

“Selain itu, yang paling gampang bisa dilihat dari harganya. kalau harga jauh lebih murah itu juga sudah mengindikasikan bahwa helm itu palsu,” ungkapnya.

Terkahir, cara melakukan pemeriksaan apakah helm Cargloss asli atau tidak dari label bertulisan ‘Warning’ dibagian dalam.

“Kalau masih belum yakin, cek bagian dalam yang ada label Warning. Disitu tertulis nama perusahaan yang mengeluarkan helm tersebut, kalau Cargloss itu PT Mega Karya Mandiri,” paparnya. (PR/On)