Kapsul SpaceX Mendarat Di Teluk Meksiko, Bawa Pulang 4 Astronot

Kapsul SpaceX Mendarat Di Teluk Meksiko, Bawa Pulang 4 Astronot
Kapsul Crew Dragon buatan SpaceX mendarat di Teluk Meksiko, 2 Mei 2021/Net

Omahnews – Kapsul Crew Dragon SpaceX yang membawa pulang empat astronot berhasil melakukan pendaratan di Teluk Meksiko, lepas pantai Florida, dekat Panama City.

Setelah menempuh perjalanan selama enam setengah jam dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), mereka tiba pada Minggu (2/5/2021) pukul 2.56 dini hari.

Keempat astronot tersebut adalah Michael Hopkins, Victor Glover dan Shannon Walker dari NASA, serta Soichi Noguchi dari Japan Aerospace Exploration Agency.
Mereka merupakan Tim Crew-1 yang sudah menyelesaikan misi selama 168 hari sejak diluncurkan pada November 2020.

“Atas nama tim NASA dan SpaceX, kami menyambut Anda kembali ke planet Bumi dan terima kasih telah menerbangkan SpaceX,” kata seorang komentator SpaceX setelah pendaratan penuh percikan air.

Setelah Crew Dragon tiba di air, kapal SpaceX Go Navigator dikerahkan untuk mengangkatnya keluar.
Palka dibuka sekitar 45 menit setelah pendaratan.
“Sungguh menakjubkan apa yang bisa dicapai ketika orang-orang berkumpul. Akhirnya saya hanya ingin mengatakan, sejujurnya, Anda akan mengubah dunia. Senang bisa kembali,” ujar Hopkins.

Dimuat CBS News, keempat astronot kemudian dibawa untuk pemeriksaan medis tambahan. Mereka ditempatkan di atas tandu, yang normal bagi mereka yang kembali ke gravitasi bumi setelah lama berada di luar angkasa.

Mereka diterbangkan dengan helikopter ke Panama City dan menuju ke Johnson Space Center untuk reuni dengan keluarga mereka. (net)

Exit mobile version