Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Hormon Testosteron Pria

Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Hormon Testosteron Pria
Testosteron Pria

Omahnews – Testosteron adalah hormon dominan yang ada di dalam tubuh pria. Hormon ini memengaruhi banyak hal, mulai dari meningkatkan gairah seksual, menjaga kesehatan tulang, sampai mempertahankan tingkat energi tubuh.

Apabila kadar testosteron menurun, maka kesehatan tubuh pria dapat terganggu. Bahkan, tanpa jumlah hormon testosteron yang cukup, pria bisa mengalami kondisi tidak subur. Pasalnya, testosteron membantu menghasilkan sel sperma yang matang.

Tanpa sadar, ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan kadar testosteron pria menurun.
Apa saja kebiasaan itu?

  1. Stres
    Menurut dr. Dyah Novita Anggraini atau yang akrab disapa dr. Vita, salah satu kebiasaan yang menjadi penyebab kadar testosteron menurun adalah stres.
    Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang membuat produksi testosteron menjadi terganggu. Hormon kortisol yang tinggi juga dapat menghalangi testosteron untuk bekerja menjaga fungsi tubuh Anda.
  2. Konsumsi Alkohol Berlebihan
    Dokter Vita menjelaskan, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga bisa menjadi penyebab kadar testosteron menurun. Sebab, mengonsumsi alkohol telah terbukti mengubah testosteron menjadi estrogen.
  3. Sering Mengalami Cedera di Testis
    “Salah satu yang membuat kadar testosteron turun bisa juga karena adanya cederanya di testis. Cedera di bagian tersebut bisa memengaruhi produksi hormon testosteron,” kata dr. Vita.
  4. Tidak Cukup Tidur
    Tidur malam yang cukup sangat penting untuk tubuh memproduksi hormon testosteron. Pola tidur yang buruk, termasuk ketika mengidap gangguan tidur seperti sleep apnea, dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk memproduksi testosteron.
    Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setiap malam. Disarankan untuk tidur malam selama minimal 7-8 jam per hari.
  5. Penggunaan Obat Steroid
    Untuk membentuk tubuh, terutama otot, beberapa pria kerap mengonsumsi obat steroid anabolik. Sayangnya, kebiasaan minum obat steroid dapat menjadi penyebab kadar hormon testosteron turun.
    Kondisi ini terjadi karena steroid dapat mengganggu produksi hormon di dalam tubuh. Tak hanya itu, testis pria yang mengonsumsi obat steroid jangka panjang pun bisa mengecil atau menyusut ukurannya.
  6. Malas Berolahraga
    Malas berolahraga dapat menyebabkan kadar testosteron jadi rendah. Jarang olahraga dapat menyebabkan lemak perut di perut menumpuk dan meningkatkan aktivitas enzim aromatase.
    Enzim aromatase mengubah testosteron menjadi hormon estrogen. Dampaknya, kadar testosteron di tubuh Anda jadi berkurang.
  7. Pola Makan Tidak Sehat
    Kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula dapat menyebabkan peningkatan produksi insulin di pankreas. Kadar insulin yang meningkat ini akan menghambat produksi testosteron sehingga membuat Anda rentan mengalami kondisi kesehatan tertentu.
    Itu dia beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kadar testosteron pria menjadi turun. Pastikan untuk menghindari beberapa kebiasaan tersebut dan lakukan pola hidup sehat. (KlikDokter)