Kesemek, Buah Langka yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Kesemek, Buah Langka yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan
ilustrasi buah Kesemek

Omahnews – Saat ini, kehadiran kesemek cukup langka di Indonesia. Buah ini berbentuk seperti tomat dan berwarna oranye. Awalnya, kesemek ditemukan di Jepang dan China.

Bila Anda menyukai rasa buah yang manis, kesemek mungkin bisa menjadi favorit. Tidak hanya enak, buah yang juga disebut persimmon ini mengandung berbagai nutrisi bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Melansir Healthline, 1 buah kesemek (168 gram) mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Lalu, terdapat pula kandungan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, E, B6, dan K, serta kalium, tembaga, dan mangan.

Kesemek pun menjadi sumber riboflavin (B2), thiamin (B1), folat, magnesium, dan fosfor.
Selain vitamin dan mineral, buah kesemek mengandung senyawa tumbuhan, termasuk tanin, flavonoid, dan karotenoid. Berikut ini beberapa manfaat buah kesemek untuk kesehatan:

Kesehatan Mata
Kesemek menyediakan banyak vitamin A dan antioksidan yang penting untuk kesehatan mata. Mengonsumsi satu kesemek dalam sehari dapat membantu memenuhi 55 persen asupan vitamin A.
Vitamin A mendukung fungsi membran konjungtiva dan kornea. Kandungan ini juga merupakan komponen penting dari rhodopsin, yaitu protein yang diperlukan untuk penglihatan normal.
Kesemek juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Kandungan tersebut merupakan antioksidan karotenoid yang meningkatkan fungsi penglihatan.

Mengurangi Peradangan
Penyakit jantung, radang sendi, diabetes, kanker, dan obesitas berkaitan dengan peradangan kronis. Dalam mengurangi peradangan, disarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung senyawa antiinflamasi tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit.
Kesemek merupakan salah satu buah yang bisa menjadi pilihan karena memiliki vitamin C dan antioksidan tinggi. Vitamin C dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan memerangi peradangan di dalam tubuh.

Vitamin C juga dapat mengurangi kerusakan dari radikal bebas dengan menyumbangkan elektron ke molekul yang tidak stabil. Jadi, kerusakan lebih lanjut dapat dinetralkan dan dicegah.
Lalu, kesemek mengandung karotenoid, flavonoid, dan vitamin E. Semuanya merupakan antioksidan kuat yang melawan peradangan di dalam tubuh.

Exit mobile version