Manfaat Buah Srikaya Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Srikaya Untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Srikaya Untuk Ibu Hamil/Net

Omahnews – Tak hanya manis dan lezat, buah srikaya ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah untuk ibu hamil.

Buah srikaya mengandung nilai kalori yang cukup tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. Srikaya seberat 100 gram memiliki kalori sekitar 90 kalori. Kandungan kalori ini 2x lipat dari jeruk dan apel.

Oleh karena itu, buah srikaya paling banyak dicari terutama bagi ibu hamil. Pasalnya memiliki kandungan vitamin yang tak main-main.
Melansir dari beberapa sumber, berikut ini manfaat buah srikaya untuk ibu hamil:

Meningkatkan Berat Badan
Manfaat buah srikaya untuk ibu hamil yang pertama adalah meningkatkan berat badan. Normalnya, berat badan ibu hamil akan naik kira-kira 10-15 kg selama masa kehamilan.

Namun, biasanya ibu hamil akan mengalami penurunan berat badan saat trimester pertama. Mengapa demikian? Sebab ibu hamil akan mengalami morning sickness yang menyebabkan mual dan muntah.
Sebagai upaya untuk meningkatkan berat badan saat hamil, maka bisa mengonsumsi buah srikaya. Gula alami dalam buah srikaya mampu membantu ibu hamil yang mengalami kekurangan berat badan.

Mengatasi Diare
Manfaat buah srikaya untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengatasi diare. Ibu hamil rentan mengalami diare atau disentri. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, lho!
“Prostaglandin memaksa usus untuk berkontraksi lebih intens atau lebih sering, yang akhirnya menyebabkan diare,” ungkap dr. Mary Rosser, dokter kandungan di Columbia University Irving Medical Center.

Menurunkan Risiko Keguguran
Secara umum, ibu hamil akan mengalami keguguran ketika janinnya tidak berkembang. Tak hanya itu, keguguran bisa saja terjadi karena kelebihan berat badan atau berat badan jauh di bawah normal hingga mengidap penyakit infeksi menular seksual.

Nah, buah srikaya mengandung mineral tembaga yang tinggi sehingga mampu melindungi janin dengan baik. Buah srikaya memberikan porsi tertentu dari mineral tembaga ini. (Net)

Exit mobile version