Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan

Melawan Pertumbuhan Sel Kanker
Vitamin C dalam jujube disinyalir memiliki khasiat antikanker yang kuat. Satu penelitian pada hewan tikus menemukan, suntikan vitamin C dosis tertentu mampu menghentikan perkembangan sel kanker tiroid.
Selain itu, senyawa flavonoid, polisakarida, saponin, dan triterpenoid yang ada dalam kurma merah ini juga disebut mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati.

Melancarkan dan Memelihara Saluran Pencernaan
Sekitar 50 persen karbohidrat dalam buah jujube berasal dari serat. Senyawa tersebut membantu melembutkan feses Anda. Hasilnya, pergerakan makanan melalui saluran pencernaan akan lebih cepat sehingga Anda terhindar dari sembelit atau konstipasi.

Ekstrak jujube juga dapat membantu memperkuat lapisan perut dan usus. khasiat lainnya adalah mengurangi risiko kerusakan akibat ulkus dan bakteri berbahaya yang mungkin ada di usus Anda.
Serat dalam jujube pun dapat berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik di usus. Dengan demikian, bakteri baik akan bekerja lebih maksimal dalam mengambil alih mikroorganisme berbahaya di perut Anda.

Meningkatkan Kualitas Tidur dan Mencegah Insomnia
Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal CNS Neuroscience & Therapeutics (2013), ekstrak buah dan biji jujube mampu memperlama durasi maupun meningkatkan kualitas tidur pada tikus percobaan.
Selain itu, buah ini juga sering diresepkan oleh praktisi pengobatan alternatif untuk mengurangi gangguan kecemasan. Jika kecemasan bisa dikendalikan, penderitanya memiliki kesempatan lebih besar untuk beristirahat dengan nyaman.

Memelihara Fungsi Otak
Penelitian pada hewan dan tabung reaksi menunjukkan bahwa kurma cina dapat meningkatkan daya ingat dan membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan.
Hal tersebut dibuktikan lewat studi yang dipublikasikan dalam Evidence-based Complementary and Alternative Medicine (2017).
Bahkan, ekstrak biji jujube disinyalir dapat membantu mengobati demensia yang disebabkan oleh Alzheimer.

Mencegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
Jujube mampu memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).
Kandungan kalium yang dimilikinya juga bisa mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi), sekaligus penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis).

Exit mobile version