Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan

Mencegah Penyakit Liver
Manfaat jujube juga bisa dirasakan oleh organ hati (liver). Satu penelitian dalam jurnal Molecules (2017) melaporkan bahwa aktivitas antioksidan flavonoid jujube dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas di organ hati.

Meningkatkan Kesehatan Kulit
Dalam pengobatan tradisional, ekstrak jujube sering digunakan secara topikal untuk mengatasi peradangan kulit seperti eksem dan psoriasis.

Selain dioleskan, mengonsumsinya secara langsung atau dibuat jus juga bisa menjadi pilihan. Tingginya kadar antioksidan yang dimiliki buah ini memberi kebaikan untuk kulit yang bermasalah.
Manfaat kurma cina untuk kesehatan sangat beragam. Namun, bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya sembarangan.

Menurut dr. Arina, penderita diabetes perlu berhati-hati dalam mengonsumsi jujube. Begitu pula dengan pasien yang sedang minum obat antidepresan dan antikejang.
“Untuk penderita diabetes, jujube merupakan asupan tinggi gula, apalagi jika buahnya sudah dikeringkan. Banyak buah yang dikeringkan mengalami peningkatan kadar gula. Jadi, harus hati-hati dan pilih yang segar saja,” ucap dr. Arina.

“Kurma cina ini juga dapat berinteraksi secara negatif dengan obat-obatan yang telah disebutkan tadi,” sambungnya.
Bagaimana dengan porsinya? Sebenarnya tidak ada batasan pasti dalam mengonsumsi kurma cina. Namun, ada baiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Mengonsumsi 2 atau 3 butir kurma cina per hari sudah cukup untuk memberikan tambahan nutrisi pada tubuh.

Tertarik sederet khasiat kurma cina? Jika ya, cobalah untuk mulai mengonsumsinya secara rutin dan dalam porsi yang tepat. Jika ragu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. (Klikdokter)

Exit mobile version