Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan

Omahnews – Kurma tak cuma berasal dari Timur Tengah. Ada juga kurma yang berasal dari Asia Selatan, yakni jujube.
Konon katanya, manfaat jujube bagi kesehatan tak kalah hebat dibandingkan kurma yang biasa Anda konsumsi di bulan Ramadan, lho!

Faktanya, jujube sering disebut sebagai kurma merah atau kurma cina. Buah ini memiliki kulit lebih keriput, dengan warna merah tua cenderung ke ungu. Rasanya pun manis, serta teksturnya kenyal.

Dalam 100 gram atau sekitar 3 buah jujube mentah (tidak dikeringkan atau belum diolah), terdapat 79 kilokalori. Buah ini tidak memiliki lemak, tetapi mengandung 1 gram protein dan 20 gram karbohidrat. Seratnya juga cukup banyak, yakni 10 gram.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan asupan vitamin C tapi tak suka dengan buah-buahan masam, kurma cina bisa jadi solusinya. Sebab, dengan mengonsumsi 3 buah saja, Anda sudah memenuhi 77 persen kebutuhan vitamin C harian.

Kalium juga terdapat dalam jujube. Camilan sehat ini mampu memenuhi 5 persen kebutuhan kalium per harinya.
Sebutan “camilan sehat” untuk buah yang satu ini tentunya menimbulkan rasa penasaran terhadap manfaat jujube.

Lantas, apa saja manfaat kurma cina yang sudah disetujui medis?
Menurut dr. Arina Heidyana, berikut beberapa di antaranya:

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Biological Macromolecules (2017) mengatakan bahwa jujube polisakarida, yang merupakan gula alami dengan sifat antioksidan, dapat menangkal radikal bebas, menetralkan sel berbahaya, dan mengurangi peradangan.
Penurunan tingkat peradangan dan radikal bebas dapat membantu mencegah penyakit kronis, lho!

Studi lain dalam jurnal ilmiah yang sama juga menemukan bahwa jujube lignin, sejenis serat dengan sifat antioksidan, dapat meningkatkan produksi sel kekebalan. Senyawa tersebut akan meningkatkan laju sel-sel dan menetralkan zat berbahaya.

Exit mobile version