Mau Dibawa Kemana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Kita?

Mau Dibawa Kemana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Kita?
Idi Rathomy Baisa, M.Pd

Artinya, guru masih harus membuat dua skenario pembelajaran yaitu melayani siswa tatap muka di sekolah dan sekaligus juga melayani siswa yang belajar secara daring di rumah. Masih diperlukan kreativitas dan inovasi guru untuk mengatur pembelajaran dengan sistem shifting bergantian siswa yang masuk sekolah.

Banyak alternatif yang bisa dilakukan misalnya siswa yang di rumah tetap belajar mandiri secara daring berupa penugasan dan siswa di sekolah mendapatkan layanan pembelajaran langsung. Jika sekolah memiliki Learning Managemen System (LMS) baik itu berupa Google Classroom, Moodle atau Web Based Learning lainnya, sangat bagus jika di dalamnya dilengkapi skenario pembelajaran yang rinci dan sekaligus disertai media belajar, bahan belajar dan latihan soal. Meskipun mereka tidak mendapatkan layanan belajar tatap muka.

Alternatif lain jika memang orang tua dan sekolah mampu memberikan akses internet yang lancar, maka guru dapat melakukan pembelajaran serentak di sekolah dan di rumah secara synchronous. Guru mengajar di sekolah dengan menggunakan layanan live meet (zoom atau google meet) yang ditayangkan di layar LCD. Sementara siswa di rumah juga bergabung di live meet guru yang ada di sekolah.

Guru menjelaskan materi pelajaran menggunakan white board di zoom/google meet dan siswa dapat mengikutinya di rumah maupun langsung di kelas. Sementara itu, untuk penugasan siswa yang di kelas dapat mengerjakan LKS dan siswa di rumah menggunakan lembar kerja elektronik (live worksheet atau aplikasi lainnya).

Model pembelajaran Flipped Classroom juga dapat dijadikan pilihan bagi guru. Model pembelajaran ini meminimalkan pengajaran langsung dari guru, dimana dalam proses belajarnya siswa mempelajari materi pelajaran terlebih dahulu di rumah. Sedangkan kegiatan belajar mengajar di kelas hanya berupa pengerjaan tugas, berdiskusi tentang materi atau masalah yang belum dipahami saat belajar di rumah.

Jika diimplementasikan dalam PTM terbatas, maka siswa di rumah (daring) mempelajari bahan belajar. Pada gilirannya ketika mereka pembelajaran tatap muka di kelas dibahas bersama guru. Masih banyak lagi cara yang dapat dilakukan oleh guru.

Tidak ada metode atau model pembelajaran yang paling bagus. Yang ada adalah model atau metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa dan sekolah. Pandai-pandailah guru, pimpinan sekolah untuk berinovasi di masa pandemi ini.