Memahami Kebutuhan Internet di Era Pandemi Covid-19

Memahami Kebutuhan Internet di Era Pandemi Covid-19
Cari Sinyal

Dukungan operator internet
Pembedaan kualitas layanan ini tentunya berdampak terhadap harga berlangganan.
Selama setahun ini kita telah ditolong oleh internet untuk dapat bekerja, belajar dan menikmati hiburan serta memperdalam perjalanan spiritual kita.


Semua hal ini dapat berjalan cukup efektif berkat dukungan para Operator Internet, dimana salah satunya layanan dari Telkom adalah IndiHome. IndiHome telah bekerja keras untuk memperluas jaringan internet ke seluruh pelosok tanah air dan memberikan pelayanan terbaiknya agar kegiatan WFH dan PJJ dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia.
Yang terbaru, Telkom telah memperluas jangkauan Wifi Corner bebas biaya ke Papua, khususnya untuk mendukung PON 2021 di Papua. Hingga akhir tahun 2020, IndiHome telah menjangkau 96,5 % kabupaten/kota atau tepatnya 496 kota. Lebih spesifiknya telah menjangkau 72,1 % kecamatan atau 5.115 dari 7.094 kecamatan di seluruh nusantara.
Kepercayaan masyarakat akan IndiHome cukup tinggi, terlihat dari 8 juta pelanggan pada tahun 2020 dan menguasai 85 % market share layanan fixed broadband. Namun IndiHome tetap saja dikeluhkan pelanggannya baik tentang pemasangan baru, maupun kualitas layanannya.


Saat ini IndiHome terus berbenah untuk meningkatkan Customer Experience yang menyenangkan, dengan memperbaiki proses business di seluruh value chain, mulai dari kegiatan explore, buy, activate, use, pay, get support dan terminate.
Kita mengharapkan agar Operator fixed broadband internet yang lain juga agar mengembangkan layanannya ke seluruh wilayah nusantara, sehingga terjadi kompetisi yang sehat antar Operator Internet, yang pada akhirnya memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada pelanggan.
Internet telah menjadi nafas kehidupan kita dalam beraktivitas dari mana saja, khususnya bagi generasi millennial dan Z yang harus selalu on.


Apa yang menjadi tanggungjawab kita sebagai pengguna internet? Jaringan internet memiliki kapasitas yang terbatas, sama seperti listrik dan air, kita harus menggunakannya secara efektif dan efisien.
Harga infrastruktur dan biaya pemeliharaan jaringannya cukup mahal, Operator Internet harus memiliki keuntungan yang memadai agar bisa menjaga dan meningkatkan mutu layanannya. Masyarakat perlu dididik agar menggunakan internet secara bijak, antara lain menggunakannya untuk hal-hal yang produktif dan mendidik.
Misalnya, internet digunakan pagi hari untuk WFH dan PJJ serta sore/malam hari untuk belajar mandiri, menikmati hiburan dan memperdalam spiritual kita. Penggunaan medsos sebaiknya dibatasi untuk hal-hal yang positif, menghindari hoax dan tidak asal mem-forward.


Bila device pengguna internet di rumah banyak, maka sebaiknya tingkatkan kecepatan layanannya. Sebaiknya pelanggan perlu meningkatkan kecepatan internetnya, misalnya dari 10 Mbps menjadi 30 Mbps. (berbagai sumber online)

Exit mobile version