Mengenal Lapisan Zona Kedalaman Laut dan Ragam Biota di Dalamnya

Mengenal Lapisan Zona Kedalaman Laut dan Ragam Biota di Dalamnya
ilustrasi

Tak hanya itu, di kedalaman laut ini hewan-hewan laut dengan wujud aneh mulai terlihat. Apa saja?
Ikan Lentera
Ikan Rattalk
Ikan Kapak
Viperpish dan lain-lain

  1. Midnight Zone
    Semakin turun ke dalam, tentu keadaan laut akan semakin gelap. Setelah twilight zone, pada kedalaman 1 hingga 4 kilometer ada midnight zone.
    Zona ini sangatlah gelap dan cahaya yang ada di sekitarnya berasal dari hewan laut itu sendiri. Tak hanya itu, tekanan airnya juga sangat besar, yakni 5.850 pon per inci.

Beberapa hewan laut yang ada di dalamnya adalah:
Angler Fish
Ikan Tripod
Teripang
Cumi-Cumi Vampir
Black Swallower, hingga
Paus Sperma

  1. Abbysal Zone
    Belum berhenti sampai di situ, apabila menyelam lebih dalam maka akan sampai di zona Abbysal. Zona ini memanjang antara 4 sampai 6 kilometer.
    Suhu di dalamnya juga sangat dingin dan hampir beku, yakni sekitar 32 derajat celcius. Hal ini disebabkan karena tidak ada cahaya matahari yang mampu menyorotnya, serta tekanan air jauh lebih besar.
    Di zona ini, tak banyak ditemukan hewan laut. Namun ada beberapa invertebrata seperti Basket Star Fish, cumi-cumi kecil dan sebagainya.
  2. Trenches Zone
    Zona terakhir yang bisa diekspos adalah The Trenches Zone dan bisa dibilang sebagai zona terdalam lautan. Kedalamannya antara 6 sampai 11 kilometer.
    Jangan tanya bagaimana suhu di dalamnya, sudah pasti sangat dingin dan berada di bawah titik beku. Adapun beberapa hewan yang hidup di dalamnya adalah cacing tabung raksasa, foraminifera, hingga spesies khusus bintang laut. (*)
Exit mobile version