Mengenal Perawatan Medis untuk Gigi Berlubang Besar

Mengenal Perawatan Medis untuk Gigi Berlubang Besar
Perawatan Medis untuk Gigi Berlubang Besar

Omahnews – Gigi berlubang besar tak bisa ditambal dengan cara biasa. Kondisi ini mesti ditangani dengan cara khusus, agar keluhan tak melulu mengganggu.

Berdasarkan 10 besar penyakit rongga mulut, karies atau gigi berlubang merupakan salah satu yang menduduki posisi teratas. Itu artinya, sebagian masalah pada rongga mulut yang dialami masyarakat Indonesia adalah karies gigi.
Tingginya angka karies atau gigi berlubang pada masyarakat Indonesia berhubungan dengan kebiasaan tidak menjaga kebersihan rongga mulut dengan saksama.

Terjadinya gigi berlubang dimulai dari munculnya plak yang menempel pada gigi. Plak tersebut dapat membentuk lubang kecil, yang lama-kelamaan akan membesar. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, lubang gigi bisa bertambah besar bahkan hingga menyebabkan bengkak.


Lantas, bagaimana cara yang terbukti efektif mengatasi gigi berlubang besar?
Simak ulasan selengkapnya;

Pada dasarnya, gigi berlubang yang masih memiliki struktur mahkota dapat diselamatkan dengan cara ditambal.
Walaupun lubang gigi masih kecil, Anda disarankan untuk segera ke dokter gigi guna dilakukan penambalan.

Hal tersebut bertujuan untuk membuang bakteri yang menempel pada gigi. Celah yang ada pada gigi kemudian akan ditambal dengan bahan pengisi. Dengan demikian, risiko lubang gigi akan semakin besar dapat dihindari.
Untuk kasus gigi berlubang besar, teknik penambalan biasa tidaklah cukup. Gigi berlubang besar perlu ditambal dengan teknik khusus inlay, onlay, atau overlay.

Inlay

Inlay adalah proses penambalan gigi kecil yang ditempatkan di kavitas, di antara tonjolan gigi.

Onlay

Onlay merupakan proses penambalan yang dilakukan jika terdapat satu atau sebagian kerusakan pada tonjolan gigi.

Overlay

Overlay adalah proses penambalan meliputi seluruh tonjolan gigi yang rusak. Tindakan ini bisa dilakukan asalkan dinding mahkota gigi masih dalam keadaan baik.

Apabila kondisi gigi sudah berlubang sangat besar dan hanya menyisakan akar gigi saja, sebaiknya gigi tersebut diambil dan dibuatkan gigi tiruan untuk mengembalikan fungsi bicara, mengunyah, dan estetika.
Gigi yang tinggal akar saja atau gigi yang sudah mati bila dibiarkan akan menjadi ‘bom waktu’ munculnya bengkak. Karena, gigi tersebut mengandung banyak sekali bakteri sehingga berpotensi menimbulkan proses peradangan, yang memicu bengkak disertai rasa sakit.

Oleh karena itu, kondisi gigi yang tinggal akar saja sebaiknya dicabut dengan cara yang tepat guna mencegah peradangan dan keluhan lebih lanjut.
Jangan tunda untuk segera berobat ke dokter jika Anda mengalami gigi berlubang besar. Anda tak ingin terus-menerus terganggu akibat kondisi tersebut, bukan? (Klikdokter)