Meraih Perguruan Tinggi Ideal

Meraih Perguruan Tinggi Ideal
Ilustrasi SNMPTN

Selanjutnya status perguruan tinggi yang dituju sangat penting untuk diperhatikan oleh calon mahasiswa dan orang tua calon mahasiswa. Meskipun tujuan akhir pendidikan adalah untuk memperoleh ilmu dan keterampilan dengan menyandang gelar akademiknya, namun demikian persoalan akreditasi juga tidak boleh diabaikan.

Status akreditasi sangat diperlukan untuk standar ukuran tentang mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi, dimana setiap perguruan tinggi harus bisa meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusannya dan dapat menjamin tentang proses belajar mengajar pada perguruan tinggi tersebut.

Bahkan sekarang ini akreditasi telah berubah menjadi satu indikator legalitas sebuah perguruan tinggi. Dalam artian kampus yang tidak terakreditasi digolongkan sebagai kampus ilegal atau kampus bodong yang berakibat ijazah dan lulusan dari perguruan tinggi tersebut tidak diakui oleh negara.

Lebih dari itu pastikan pada kampus tersebut juga dilengkapi dengan prasarana penunjang utama, misalnya laboratorium, pustaka, aula, ruang kantor, multimedia, yang pengoperasiannya dengan sistem pelayanan yang baik.
Oleh karena itu, dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan yang sesuai dengan harapan dan cita-cita, sebaiknya dikomunikasikan dengan orang tua. Persoalan ini sangat penting agar orang tua memberikan arahan dan support penuh.

Untuk memperoleh legalitas data yang komprehensif, calon mahasiswa kiranya dapat mengecek data perguruan tinggi melalui forlap.dikti.go.id dengan asumsi akan menambah referensi dan menjadi preferensi untuk membuat keputusan yang meyakinkan.

Dari situ calon mahasiswa dapat melihat informasi tentang profil program studi, dosen, mahasiswa, dan riwayat tentang perguruan tinggi dan program studi tersebut. Dengan pertimbangan selektif konstruktif dalam memilih perguruan tinggi ideal yang menjadi kepercayaan calon mahasiswa, maka akan membawa keberhasilan tujuan pendidikan yang diimpikan.(*)

Oleh: Djajusman Hadi
Sub Koordinator Registrasi dan Statistik Universitas Negeri Malang (UM)

Exit mobile version