Obat Nyeri Sendi Alami yang Bisa Dijadikan Pilihan

Obat Nyeri Sendi Alami yang Bisa Dijadikan Pilihan
Nyeri sendi
  1. Eucalyptus
    Eucalyptus atau minyak hasil sulingan daun kayu putih memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiradang.
    Flavonoid dan tanin dalam daun kayu putih juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

Sebuah studi tahun 2016 yang terbit dalam National Library of Medicine (PubMed) mengatakan, ekstrak daun kayu putih dapat secara signifikan mengurangi dua enzim peradangan: interleukin-6 dan tumor necrosis factor alpha.
Anda dapat membeli ekstrak kayu putih sebagai minyak esensial. Anda dapat mencampurkannya sebagai air rendaman untuk mandi.

Akan tetapi, orang sensitif harus berhati-hati saat menggunakan ramuan tersebut. Paparan minyak kayu putih dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang-orang yang sensitif terhadap bahan tersebut.

Itulah deretan herbal yang bisa dijadikan sebagai obat alami nyeri sendi. Agar manfaatnya optimal dan terhindar dari efek samping, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakannya.
“Efek sampingnya ada beberapa, misalnya nyeri perut atau perut kembung. Biasanya karena belum makan, untuk ramuan herbal yang diminum,” ucap dr. Iqbal.
“Bisa juga mengalami mual, muntah, dan diare kalau penggunaannya berlebihan atau dikonsumsi dalam keadaan perut kosong,” pungkasnya. (KlikDokter)

Exit mobile version