Pantai Clungup, Surga Tersembunyi di Malang Selatan

Pantai Clungup, Surga Tersembunyi di Malang Selatan
pengunjung Pantai Clungup

Jam Buka Pantai Clungup
Pantai ini jam operasional nya 24 jam. Hal ini berhubungan dengan adanya kegiatan camping yang juga difasilitasi di lokasi ini.

Tiket Pantai Clungup
Harga tiket masuk Pantai Clungup sangatlah terjangkau yakni Rp 6.000. Bagi yang membawa sepeda motor bisa memarkir kendaraan dengan biaya Rp 3.000. Sementara itu membayar Rp 5.000 untuk parkir kendaraan roda empat.
Ada juga tour guide Rp 100.000 untuk kuota 10 orang.

Fasilitas Pantai Clungup
Sebagai pantai yang tergolong sepi, Clungup tidaklah menyediakan fasilitas selengkap layaknya pantai yang lebih populer dikunjungi di Kabupaten Malang.
Jika beruntung, pengunjung dapat menyewa perahu nelayan yang berlabuh. Perahu yang disewa bisa dimanfaatkan untuk penjelajahan, snorkeling atau scuba diving. Di pantai Clungup sudah ada fasilitas penyewaan perlengkapan Snorkeling. Sedangkan untuk Diving, pengunjung masih harus membawa sendiri.

Fasilitas penunjang publik yang tersedia adalah tempat parkir dan area berkemah yang cukup luas. Areal perkemahan dilengkapi dengan toilet serta tungku api. Mengingat tidak adanya penjual makanan, pengunjung harus membawa bekal makanan dari luar.

Daya Tarik Wisata Pantai Clungup
Panorama Pantai ini sangat indah. Pemandangan lepas pantai berupa tiga pulau kecil dan karang berserakan memanjakan setiap mata yang memandang. Suasana pantai masih sangat alami. Untuk pengunjung yang suka aktivitas outdor, dapat mencoba memanjat salah satu pulau karang. Namun tetap kewaspadaan harus dijaga. Karena karang itu cukup tajam.

Sejauh mata memandang, terlihat keasrian panorama Pantai Clungup yang sangat berbeda dari pantai-pantai lain. Di sekitar pantai masih banyak terdapat hutan bakau yang masih lebat. Bila ingin ke Pantai Goa China bisa berjalan ke sisi kanan dari Pantai Clungup.

Sebenarnya banyak tempat yang tak kalah bagus yang bisa dapat dijelajahi bila Anda mendatangi Pantai Clungup ini. Pengunjung tidak akan menyesal setelah mendatangi dan menikmati keindahan Pantai Clungup ini.
Untuk menuju Clungup sisi barat yang menuju arah Pantai Mbangsong dan Tiga Warna, pengunjung harus seijin dan didampingi petugas. Karena terdapat area konservasi lainnya: Penyu dan Terumbu Karang. Area camping hanya diperbolehkan di sekitar Clungup dan Pantai Gatra. (*)