Pantai Clungup, Surga Tersembunyi di Malang Selatan

Pantai Clungup, Surga Tersembunyi di Malang Selatan
pengunjung Pantai Clungup

Omahnews – Pantai Clungup adalah salah satu pantai di Kabupaten Malang yang masih termasuk pantai baru. Terletak di tepi Samudera Indonesia, tepatnya di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Di kalangan pencinta pantai, Pantai Clungkup kurang populer sebagai pantai wisata. Kondisi ini menyebabkan pantai ini relatif sepi dari pengunjung. Hal ini justru menguntungkan. Karena dengan pengunjung yang sepi, pantai menjadi lebih yang asri.

Pantai Clungup, walau terletak di sisi selatan pulau jawa, tidak memiliki ombak besar, seperti umumnya pantai di laut selatan. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang. Setidaknya sampai 500 m ke tengah laut, ombak tetap tenang. Hal ini karena pantai terlindung oleh beberapa pulau kecil di depan pantai.

Keberadaan tiga pulau kecil dan karang-karang, tidak hanya berdampak pada ombak yang tenang. Keberadaan pulau-pulau itu juga mempercantik panorama pantai ini. Komposisi alam tertata dalam harmoni yang indah. Kombinasi antara perbukitan, kebun penduduk dan lebatnya hutan bakau, bagai komposisi warna dalam makeup di wajah seorang gadis manis.

pulau-pulau juga mempercantik panorama pantai ini

Rute Menuju Pantai Clungup
Pantai Clungup terletak 72 km dari Kota Malang. Untuk sampai ke pantai ini, setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Rute ke pantai Clungup, sama dengan Rute ke Goa Cina. Perjalanan bisa dimulai dengan ke arah Turen hingga bertemu papan petunjuk arah pantai di sebuah pertigaan. Dari pertigaan tersebut, ambil arah ke kiri ke Pantai Sendang Biru. Berjalan terus hingga menemukan papan petunjuk jalan ke Pantai Clungup.
Ikuti petunjuk tersebut hingga sampai di sebuah desa tempat kantor Clungup Mangrove Conservation. Dari sini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk menuju lokasi.


Rute alternatif juga bisa melalui Pantai Balekambang. Dari Kota Malang ke Gondanglegi, kemudian melanjutkan perjalanan ke Bantur hingga sampai di perempatan sebelum masuk Balekambang. Belok kiri, ikuti terus Jalan Lintas Selatan tersebut hingga sampai di depan Clungup Mangrove Conservation.

Exit mobile version