Penyebab Badan Selalu Terasa Gerah meski Cuaca Tidak Panas

Penyebab Badan Selalu Terasa Gerah meski Cuaca Tidak Panas
ilustrasi Terasa Gerah meski Cuaca Tidak Panas

Omahnews – Merasa gerah saat cuaca panas itu biasa. Tapi apa yang terjadi jika perasaan itu muncul setiap saat akhir-akhir ini, bahkan ketika hujan atau suhu udara normal?

Suhu tubuh yang lebih tinggi dari rata-rata, tidak selalu berarti ada sesuatu yang aneh sedang terjadi. Ini karena tubuh setiap orang berbeda. Tetapi jika merasa panas adalah sesuatu yang baru dirasakan, dan ini mempengaruhi kualitas hidup, itu bisa menjadi pertanda masalah lain.

Dilansir dari Livestrong, dokter Amerika Serikat, Adimoolam-Gupta, membahas tujuh penyebab paling umum rasa gerah setaip saat.

Masalah tiroid
Hipertiroidisme adalah suatu kondisi di mana tubuh memproduksi terlalu banyak hormon tiroid. Gejala hipertiroidisme termasuk rasa panas yang berlebihan, ketidakmampuan untuk menahan suhu hangat dan / atau peningkatan keringat, kata Adimoolam-Gupta.
“Alasan pasti mengapa kelebihan hormon tiroid menyebabkan gejala-gejala ini tidak jelas, tetapi mungkin terkait dengan tingkat metabolisme basal yang lebih tinggi atau peningkatan hormon yang disebut katekolamin, yang menyebabkan vasodilatasi [pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan peningkatan aliran darah dan aliran kehangatan],” katanya.

Stres
Terkadang stres adalah sumber kegerahan. Ketika memiliki stresor, tubuh beralih ke mode “lawan atau lari”, dan kelenjar adrenal mengeluarkan katekolamin (khususnya epinefrin dan norepinefrin), kata Adimoolam-Gupta.
Katekolamin, yang mempersiapkan tubuh untuk respons melawan atau lari, tidak hanya meningkatkan kewaspadaan mental dan kekuatan otot tetapi juga meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan laju pernapasan, yang menghasilkan suhu tubuh yang lebih hangat, katanya.

Sedang berovulasi
“Selama masa ovulasi, terjadi peningkatan hormon progesteron, yang menyebabkan peningkatan suhu,” kata Adimoolam-Gupta.
Memang, tak lama setelah ovulasi, progesteron meningkatkan suhu tubuh basal antara 0,5 hingga 1 derajat Fahrenheit, menurut artikel studi di StatPearls pada Juli 2020. Meskipun satu derajat yang sangat kecil mungkin tampak seperti jumlah yang tidak signifikan, itu masih cukup untuk membuat tidak nyaman.

Exit mobile version