Perbaiki Lift Hotel di Kota Malang, Seorang Teknisi Tewas Terjepit

Perbaiki Lift Hotel di Kota Malang, Seorang Teknisi Tewas Terjepit
Evakuasi teknisi hotel yang tewas terjepit lift (Foto: dok. PMI)

Omahnews – Teknisi senior Hotel Ibis Malang tewas terjepit lift saat melakukan perbaikan lift di Hotel tersebut.

Teknisi tersebut yakni Suprihandi Tjahjanta (54). Ia warga Desa Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.
Perbaikan lift ia mulai pukul 07.00 WIB. Suprihandi mengalami kecelakaan kerja saat melakukan perbaikan lift karyawan.
Kecelakaan kerja terjadi saat lift arah turun di ketinggian sekitar 4 meter. Ia terjepit lift hingga mengembuskan napas terakhir.

“Sesuai keterangan dari manajemen hotel, saat kejadian, korban sedang memperbaiki lift karyawan,” kata Kepala PMK Kota Malang, M Teguh Budi Wibowo, Jumat (28/5/2021).

Menurutnya, tubuh bagian kiri korban terjepit selasar pintu dan rel lift. Sehingga teknisi itu tidak bisa bertahan hingga tim evakuasi datang.
“Korban sudah berhasil dievakuasi. Kondisinya meninggal dunia. Jenazah sudah dibawa ke RSSA untuk dilakukan visum,” pungkas Teguh.

Kronologi
Jumat (28/5/2021) pagi, pegawai hotel, khususnya bagian maintenance, berkumpul untuk mengikuti briefing. Ketika itu korban tak berada di lokasi briefing. Seorang rekan kerja berusaha menghubungi korban, tapi tidak ada jawaban.

“Kemudian ada informasi bahwa lift karyawan macet. Bagian teknisi kemudian mengecek karena meyakini korban tengah berada di sana,” jelas seorang anggota BPBD Kota Malang yang membantu proses evakuasi, Jumat (28/5/2021).

Saat dicek, korban sudah dalam kondisi terjepit selasar pintu lift. Peristiwa itu diketahui sekitar pukul 07.00 WIB.
Para pegawai berusaha mengevakuasi korban terjepit lift. Namun, karena mengalami kesulitan, akhirnya mereka menghubungi polisi dan Damkar Kota Malang.

“Korban sudah meninggal karena terjepit selasar pintu lift. Diduga korban saat kejadian, korban sedang memperbaiki lift,” terang Kepala PMK Kota Malang M Teguh Budi Wibowo, mengutip detikcom.

Korban adalah Suprihandi Tjahjanta (54). Ia warga Desa Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.
Suprihandi diduga sejak pukul 05.30 WIB berada di sekitar lift untuk melakukan perbaikan. Mereka melapor ke PMK Kota Malang sekitar pukul 09.30 WIB. Kemudian korban baru bisa dievakuasi pukul 11.56 WIB.

Kecelakaan kerja itu tengah diselidiki oleh Satreskrim Polresta Malang Kota. Polisi sudah meminta keterangan kepada beberapa saksi terkait kejadian tersebut.

“Kita sudah meminta keterangan beberapa saksi untuk mengetahui secara pasti kronologi kejadian,” kata Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Tinton Yudha Priambodo.

Tinton menambahkan, hasil olah tempat kejadian perkara diketahui, korban meninggal dunia di lokasi kejadian. “Penyebabnya diduga terjepit lift,” pungkas Tinton. (dtk)