Pilihan Buah yang Kaya Air dan Bisa Cegah Dehidrasi

Pilihan Buah yang Kaya Air dan Bisa Cegah Dehidrasi
buah mengandung banyak air yang menyehatkan dan menyegarkan.

Omahnews – Mencukupi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu hal yang harus selalu dijaga. Saat dehidrasi telanjur terjadi, Anda akan merasa nyeri kepala, masalah pada kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung lebih cepat.

Apabila tubuh mengalami dehidrasi dalam keadaan lama, komplikasi yang serius seperti kegagalan organ pun mungkin terjadi.

Selain dari air, Anda juga bisa mendapatkan asupan air dari makanan, termasuk dari buah.
Berikut beberapa pilihan buah yang mengandung banyak air.

Semangka
Semangka mengandung kadar air hingga 92 persen. Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka amat rendah kalori dan dapat membantu menurunkan berat badan dengan rasanya yang mengenyangkan.
Semangka juga baik bagi daya tahan tubuh karena kandungan likopen, suatu antioksidan yang kuat, di dalamnya.

Stroberi
Stroberi termasuk buah yang banyak mengandung air. Buah ini mengandung kadar air hingga 91 persen. Mengonsumsi stroberi dapat menyumbang asupan cairan Anda sehari-hari.
Selain menyediakan serat, buah masam ini juga tinggi antioksidan, berbagai vitamin dan mineral termasuk vitamin C, folat, serta mangan.

Jeruk
Jeruk mengandung kadar air sebanyak 88 persen. Kadar vitamin C dan potasium yang tinggi berkontribusi pada peningkatan daya tahan tubuh dan kesehatan jantung.
Flavonoid yang merupakan antioksidan dalam jeruk juga mampu melawan radikal bebas, serta memberi rasa kenyang dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Tomat
Tomat mengandung kadar air sebanyak 94 persen. Satu buah tomat berukuran sedang memiliki kadar air hingga setengah gelas atau 118 ml.
Buah yang mengandung air ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta likopen yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah kanker prostat.