Spirit Transformasi Pendidikan Abad 21

Spirit Transformasi Pendidikan Abad 21
Silvia Rachman

Di abad ke 21 ini, pendidikan menjadi semakin penting untuk menjamin peserta didik memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan teknologi dan media informasi, serta dapat bekerja, dan bertahan dengan menggunakan keterampilan untuk hidup (life skills).

Pendidikan Era Digital
Perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin cepat saat ini, membawa kita pada era baru yang menuntut penyesuaian. Segala macam aktivitas dapat dilakukan dengan mudah dan cepat karena difasilitasi oleh teknologi yang serba digital. Perubahan sistem kerja dalam bidang ekonomi, transportasi, kesehatan, bahkan pendidikan tidak dapat dihindari karena pengaruh dari revolusi industri 4.0.

Beragam teknologi dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan konsep belajar berkemajuan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sangat mungkin dilakukan dengan mudah, karena semua yang terkait dengan pemasangan, pengaturan hingga cara pengoperasian sudah tersedia dan dapat diakses melalui gadget.

Pembelajaran berbasis teknologi ini memungkinkan guru dan murid dapat berinteraksi secara sinkron (langsung) maupun asinkron (tidak langsung) dalam ruang belajar. Teknologi masa kini telah menciptakan kondisi belajar yang terkesan mudah dan fleksibel. Kondisi belajar yang fleksibel cenderung lebih mudah diterima oleh generasi zaman now.

Mereka dapat melakukan interaksi belajar dalam ruang virtual google classroom atau platform lain yang dapat diakses melalui gadget masing-masing. Gadget dengan fungsi utama sebagai alat komunikasi telah mengalami pergeseran fungsi menjadi media belajar yang memudahkan anak didik saat ini. Demikian adalah sebuah contoh kesederhanaan dalam belajar.