Tips Jaga Kebugaran Melalui Aktivitas Fisik Saat Berpuasa

Tips Jaga Kebugaran Melalui Aktivitas Fisik Saat Berpuasa
ilustrasi Berkebun di Sekitar Rumah

Optimalkan tubuh yang aktif selama berpuasa dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi selama bulan Ramadan.
Kenapa?
Karena saat puasa Anda berpotensi untuk kekurangan nutrisi dari makanan harian Anda.
Kondisi tersebut pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan tulang, sendi, dan otot. Itu sebabnya, pastikan Anda mencukupi sederet nutrisi berikut setiap hari untuk menjaga kesehatan saat puasa:

Kalsium

Kalsium adalah mineral penyusun utama tulang Anda. Bahkan, hampir semua kalsium di dalam tubuh kita tersimpan di dalam tulang.
Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah kalsium di dalam tubuh terus berkurang.
Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan asupan kalsium harian Anda, utamanya saat berpuasa.

Kolagen

Kolagen adalah salah satu protein yang banyak ditemukan pada jaringan persendian. Asupan kolagen yang mencukupi diperlukan oleh tubuh untuk membentuk jaringan persendian yang normal.

Protein

Protein adalah makronutrien penting bagi tubuh. Selain berperan dalam sistem kekebalan tubuh, protein juga penting dalam pembentukan otot dan sumber energi.

Vitamin D, E, dan C

Berbagai vitamin juga sangat penting untuk kesehatan otot, tulang, dan sendi. Vitamin D misalnya, sangat penting untuk meregulasi asupan kalsium di dalam tubuh.
Sementara itu, vitamin E dan C sangat penting untuk menjaga kesehatan otot karena memiliki sifat antioksidan dan membantu pembentukan kolagen.

Yuk, tetap aktif bergerak meski sedang puasa Ramadan dengan melakukan cara menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot di atas.(klikdokter)