Tips Jaga Kebugaran Melalui Aktivitas Fisik Saat Berpuasa

Tips Jaga Kebugaran Melalui Aktivitas Fisik Saat Berpuasa
ilustrasi Berkebun di Sekitar Rumah

Omahnews – Bulan puasa kembali menyapa. Selain berpotensi mendapatkan pahala yang besar, manfaat puasa juga sangat besar bagi kesehatan.

Misalnya, mencegah penyakit jantung, meningkatkan imunitas, hingga membantu menurunkan berat badan.
Sebaliknya, jika Anda tidak melaksanakan ibadah puasa dengan benar, justru dapat berefek buruk bagi kesehatan.
Misalnya, beberapa orang menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak aktif dan enggan olahraga karena dianggap akan menguras banyak energi.

Padahal, tetap aktif amat penting untuk menjaga tubuh tetap fit di bulan Ramadan, utamanya untuk kesehatan tulang, sendi, dan otot.
Jadi, berhentilah menjadikan puasa sebagai penghalang untuk aktif bergerak. Carilah berbagai kegiatan produktif dan menyenangkan selama berpuasa.

Berikut beberapa aktivitas fisik yang disarankan saat puasa untuk menjaga kebugaran;
Mencuci Mobil
Pada musim pancaroba ini, mobil akan lebih mudah kotor. Daripada membawanya ke tempat cuci mobil, kenapa tidak Anda sendiri yang mencucinya?
Selain hemat kantong, kegiatan ini juga baik sebagai aktivitas fisik. Gerakan tangan yang berputar akan memperkuat otot-otot bahu Anda.

Membersihkan Rumah
Berbagai kegiatan membersihkan rumah dapat menjadi aktivitas rutin Anda setiap hari. Saat menyapu dan mengepel, misalnya, gerakan mendorong serta menarik gagang sapu serta pel akan membantu melatih biseps sekaligus triseps Anda.
Mengelap barang-barang di dalam rumah juga dapat Anda lakukan. Daripada tidur setelah sahur, lebih baik Anda membersihkan rumah.
Lingkungan rumah yang bersih akan semakin mendukung Anda untuk terus menjalankan ibadah di bulan yang berkah.

Berolahraga
Walaupun sedang berpuasa, Anda tetap dapat melakukan olahraga ringan-sedang. Untuk menghindari terjadinya dehidrasi, Anda disarankan untuk berolahraga satu jam sebelum berbuka puasa.
Anda bisa memilih melakukan senam aerobik di dalam rumah atau joging di taman dekat rumah.

Berkebun di Sekitar Rumah
Jika Anda memiliki tanah kosong di sekitar rumah, tak ada salahnya untuk mencoba berkebun dengan menanam beberapa jenis tanaman di sana.
Apalagi jika Anda melakukan aktivitas tersebut di pagi hari.
Anda bisa sekaligus berjemur untuk mendapatkan paparan vitamin D dari sinar matahari. Vitamin ini sangat baik untuk kesehatan tulang, sendi, dan otot Anda.

Exit mobile version