Tips Jitu Atasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Tips Jitu Atasi Bibir Kering Saat Berpuasa
ilustrasi bibir pecah

Omahnews – Memasuki bulan Ramadan, waktunya bagi para muslim untuk menuaikan ibadah puasa.
Saat berpuasa, umumnya tubuh seseorang akan mengalami kekurangan cairan hingga sekitar 30 persen.

Karena itu, mereka yang berpuasa rentan merasa lemas dan mengalami kekeringan pada sejumlah bagian tubuh, seperti kulit, mulut, tenggorokan dan bibir.
Nah, buat yang seringkali mengeluhkan bibir kering saat berpuasa, ada nih sejumlah tips jitu yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Apa saja itu?
Berikut ulasannya.

Gunakan lipbalm
Baca juga: Memanas! Balasan Pengelola TMII ke Pemerintah: Gak Pernah Dibantu Tapi Pajak Miliaran Ditarik Terus.
Ketika bibir kering, kondisi bibir menjadi kasar, pecah-pecah, bahkan bisa timbul sariawan. Karena itu, penting untuk menjaga kondisi bibir agar selalu lembap.
Lipbalm berguna untuk menjaga kelembapan pada kulit bibir. Gunakan lipbalm sebelum tidur dan di pagi hari agar bibir lembap sepanjang hari.

Minum air putih
Minum air putih secara rutin selama bulan puasa juga dapat membantu merawat bibir kering.
Saat puasa tubuh tak mendapatkan asupan air secara cukup. Karena itu, konsumsi air saat berbuka, sebelum dan saat sahur sangat penting untuk mencegah bibir kering.

Masker madu
Cara lain untuk menjaga bibir agar tetap lembap selama berpuasa adalah dengan melakukan perawatan menggunakan madu. Madu memiliki manfaat memperbaiki jaringan yang rusak.
Untuk membuat masker madu ternyata sangat mudah lho. Cukup ambil satu sendok makan madu dan oleskan ke bibir, diamkan selama 20 menit. Untuk perawatan ini, sebaiknya lakukan sebelum tidur.

Minyak zaitun
Minyak zaitun telah sejak lama digunakan untuk merawat kulit, sebab minyak zaitun sangat bermanfaat dalam melembapkan.
Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan polifenol yang baik untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Oleskan minyak zaitun merata ke seluruh bibir dan diamkan selama 30 menit. (internet)

Exit mobile version