Waspada! Pencurian Data Catut Program Vaksinasi

Waspada! Pencurian Data Catut Program Vaksinasi
Penipuan SMS

Omahnews – Program vaksinasi nasional yang digelar di seluruh daerah di Indonesia, tampaknya dimanfaatkan para penipu.

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) meminta masyarakat agar tidak terpancing dan tidak menyerahkan data pribadinya sembarangan, karena maraknya modus penipuan dengan modus mencuri data.

“Selamat siang, kami dari tim vaksin GSP kemarin Minggu. Mau tanya keluhan usai divaksin,” tulisan dalam pesan yang beredar di masyarakat tersebut, seperti diberitakan jatimnow, Selasa (6/4/2021).

Nomor yang mengirimkan pesan itu juga meminta nama, alamat, nama ayah, mama ibu, vaksin ke berapa, keluhan setelah divaksin hingga keluhan saat ini.

Menanggapi beredarnya pesan disinyalir modus penipuan itu, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo, Pujo Agung meminta masyarakat lebih waspada.
“Sesuai dengan informasi dari Kemenkominfo, bila menerima pesan seperti itu warga diminta lebih waspada. Karena itu modus pencurian data,” ungkap Pujo saat dikonfirmasi.

Pujo menyebut bahwa untuk wilayah Kota Probolinggo, hingga saat ini masih belum ada warga yang melapor menjadi korban penipuan tersebut.
“Kita berharap semoga hal itu tidak sampai terjadi di sini,” ujarnya.

Pujo mengimbau agar bila warga mendapati hal tersebut, bisa langsung melapor dengan pemerintahan terdekat. Sehingga warga tidak sampai terjebak dan tertipu modus pencurian data tersebut.
“Sekali lagi, warga diharapkan bisa berhati-hati dan tidak terpancing dengan hal itu,” tegasnya. (fud/nar/jtn/On)

Exit mobile version